BlackBerry KeyOne, Si Underdog yang Patut Diperhitungkan ?

Setelah kalah pamor oleh Android dan iPhone beberapa tahun terakhir ini BlackBerry tidak berdiam diri dan mencoba melahirkan beberapa terobosan baru untuk menjaga fans setianya agar tidak berpaling, mulai dari OS BB 10 hingga perangkat Z10 dan passport, sayangnya semua itu tidak berhasil, bahkan BlackBerry Priv yang merupakan usaha pertama BlackBerry menggabungkan keyboard fisik dan Android juga gagal di pasaran .

Adakah sebersit harapan untuk BlackBerry kembali merajai pasar smartphone? Perkenalkan BlackBerry KeyOne, berjalan dengan OS Andoid Nougat 7.1.1, chipset Qualcomm Snapdragon 625, baterai 3505mAh, kamera belakang 12MP yang mampu merekam di resolusi 4K dan memiliki fitur digital image stabilization , dan kamera depan 8MP Full HD. Memori internalnya sendiri 32GB dan masih bisa ditambahkan dengan microSD hingga 2TB (kalau sudah keluar).

Seperti yang terlihat di foto, BlackBerry KeyOne memiliki keyboard fisik yang merupakan ciri khas BlackBerry sedari dahulu. Ulasan mengenai  BlackBerry KeyOne juga bisa dibilang cukup bagus. PCMag mengatakan keyboard perangkat ini penuh dengan trik yang keren, dengan pemindai sidik jari yang tergabung dengan tombol spasi dan kemampuan untuk menerapkan ‘jalan pintas’ di tiap tombolnya.

TheVerge melaporkan disain dari KeyOne sangatlah bagus, dengan respon yang baik dari tombol-tombol di keyboardnya, dan lapisan karet yang ada pada bagian belakang perangkat ini yang membuat perangkat ini tidak mudah lepas dari genggaman tangan. Layar 4.5” nya mengusung resolusi 1620×1080 dengan aspect ratio 3:2.

KeyOne tidak dilengkapi dengan stock Android, tapi Engadget melaporkan bahwa kustomisasi tampilan Android di KeyOne ini “kebanyakan membantu” , walaupun ada sedikit issue ketika mau membersihkan notifikasi dari BlackberryHub. Secara keseluruhan BlackBerry KeyOne memberikan performa yang cukup oke, bukan sebuah perangkat gaming, dan memiliki daya tahan baterai yang cukup memuaskan. PCMag melaporkan baterai KeyOne tahan hingga 1.5 hari dengan pemakaian standar, TheVerge mencatat kebanyakan pengguna bisa menggunakan KeyOne hingga dua hari , Engadget melaporkan perangkat ini bisa bertahan seharian dengan mudah dan dua hari apabila digunakan dengan hati-hati.

Nah, para fans BlackBerry, ada yang mau beli KeyOne?

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *