Apple Dituding Melambatkan iPhone Dengan Sengaja, Benarkah Itu ?

Sempat santer di media beberapa waktu lalu Apple dituding melambatkan iPhone dengan sengaja, mulai dari iPhone 5 sampai iPhone 7. Benar demikian adanya ? Apa alasan Apple di balik hal ini ?iPhone Lambat

Berawal dari cuitan pengguna twitter @sam_siruomu yang mengunggah foto yang menunjukkan perbedaan clock speed pada prosesor iPhonenya, sebelum dan sesudah beliau menukar baterai iPhonenya.

Tidak hanya itu, Guilherme Rambo, seorang software developer juga menemukan sebuah software system bernama “powerd” , singkatan dari “power daemon” pada iOS 10.2.1. Fungsi software tersebut adalah untuk mengatur kinerja CPU dan GPU secara terpisah dari mode hemat daya. Pada dasarnya fungsinya ini adalah untuk mencegah ponsel mati mendadak dan terbakar, akan tetapi ada efek lainnya yaitu performa iPhone yang turun secara signifikan.

Karena performanya yang melambat, pengguna iPhone merasakan hal ini sebagai suatu hal yang disengajakan oleh pihak Apple untuk mengharuskan mereka ganti ke iPhone 8 dan iPhone X.

Menanggapi hal ini, pihak Apple memberikan tanggapan resmi. “Tujuan kami adalah memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, yang mencakup keseluruhan kinerja dan memperpanjang umur perangkat mereka. Baterai lithium-ion menjadi kurang mampu memasok permintaan arus puncak saat berada dalam kondisi dingin, memiliki daya baterai rendah atau seiring bertambahnya usia, yang dapat mengakibatkan perangkat secara tiba-tiba mati untuk melindungi komponen elektroniknya.”

Baca juga : iPhone X dan iPhone 8 Hadir Resmi di Lazada

“Tahun lalu, kami merilis sebuah fitur untuk iPhone 6, 6s & SE untuk menghaluskan performa ponsel untuk mencegah agar perangkat tidak mati secara tidak sengaja. Kami sekarang telah memperluas fitur itu ke iPhone 7 dengan iOS 11.2, dan berencana menambahkan dukungan untuk produk lain di masa depan”. Semakin bertambahnya usia baterai, iOS terbaru di ponsel Apple akan secara otomatis mendeteksi apakah baterai masih dalam kondisi prima, atau sudah menurun dan harus “diperlambat” supaya tetap aman untuk digunakan.

Para pengguna iPhone yang menuntut pihak Apple, melihat tindakan Apple sebagai penipuan, tidak bermoral dan tidak etis. Apple dituding tidak transparan jika masalah yang ditimbulkan tersebut bisa diselesaikan dengan mengganti baterai saja, tidak perlu membeli iPhone baru. Kelima orang tersebut mengajukan tuntutan hukum di Chicago, Illinois.

Nah bagaimana dengan kalian, apakah merasakan performa iPhone nya melambat juga? Saking penasarannya penulis juga sempat men-download software ‘CPU Dasher X’ seharga 15rb di AppStore , dan untungnya processor speednya tidak berkurang. Hanya saja penulis merasakan baterai iPhone jadi lebih boros di iOS 11.2.1. Ada yang merasakan hal yang sama?

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

2 thoughts on “Apple Dituding Melambatkan iPhone Dengan Sengaja, Benarkah Itu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *