Apa Saja Smartphone yang Paling Diminati di Indonesia 3 Tahun Terakhir ini  ?

Melihat perkembangan smartphone yang selama beberapa tahun belakangan ini semakin pesat dan merambah ke banyak kalangan , pernah tidak kalian bertanya-tanya apa saja sih smartphone yang paling diminati di Indonesia? Simak ulasannya.tren smartphone

Industri smartphone di Indonesia adalah industri yang menarik, dilansir dari IDC , distribusi pengiriman  smartphone di Indonesia bahkan selalu mencapai angka lebih dari 7 juta unit hingga kuartal ketiga tahun 2017. Apa saja tren spesifikasi smartphone di pasar Indonesia dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini ?

Popularitas merek dan model smartphone di Indonesia (2015 – 2017)

Berdasarkan data internal dari Priceza dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, Apple iPhone 5S adalah smartphone yang paling populer pada tahun 2015, diikuti oleh ASUS ZenFone 2 dan OPPO F1.

Pada tahun 2016 Samsung Galaxy J1 Mini menempati posisi pertama diikuti oleh Samsung Galaxy J2 dan OPPO F1.

Pada tahun 2017 Xiaomi mendominasi tiga peringkat teratas dengan Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Redmi 4X, dan Xiaomi Redmi Note 4X.

 

Spesifikasi smartphone yang paling diminati di Indonesia

Berdasarkan pencarian di situs web Priceza inilah spesifikasi smartphone yang paling diminati di Indonesia

1 . Resolusi Kamera

Kamera memegang peranan penting dalam hal ini, tercermin dari hasil pencarian pada web Priceza, smartphone dengan resolusi kamera minimum 13MP paling banyak dicari

2 . Ukuran layar yang besar

Para pengguna smartphone di Indonesia pada umumnya menyukai layar dengan ukuran yang besar (5 inci ke atas) , yang mana lebih nyaman digunakan untuk menikmati konten multimedia.

3. Android

Dalam tiga tahun terakhir ini ada pergeseran preferensi sistem operasi , kalau pada tahun 2015 iPhone menduduki peringkat pertama smartphone paling dicari maka pada tahun berikutnya tren tersebut berubah ke sistem operasi android , hal ini bisa dikarenakan pertimbangan kemudahan pemakaian hingga pertimbangan finansial.

4. Kapasitas baterai

Terakhir adalah kapasitas baterai yang besar (3000mAh – 4000mAh). Kapasitas baterai yang besar adalah salah satu syarat agar smartphone bisa bertahan lebih dari satu hari pemakaian.

 

Prediksi tren smartphone di 2018

Melihat tren pencarian smartphone yang dilakukan di situs Priceza maka bisa dilihat pasar Indonesia memiliki ketertarikan untuk smartphone yang nyaman dipandang secara visual , memiliki hasil foto yang bagus, dan waktu hidup yang lama.

Data ini selaras dengan perkembangan fitur smartphone yang secara global semakin menekankan pada fitur kamera dan layar serta harga yang terjangkau. Dan sepertinya tren smartphone yang dicari akan berada di kategori menengah (mid-range) , menengah ke bawah (low-end) , dan bawah (ultra low-end)

 

The following two tabs change content below.
Penggemar gadget, penyuka makanan, hobi olahraga dan fotografi.

3 thoughts on “Apa Saja Smartphone yang Paling Diminati di Indonesia 3 Tahun Terakhir ini  ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *