5 Cara Menjaga Smartphone Android Anda Tetap Prima

5 cara menjaga android tetap prima

Semua smartphone Android rata-rata berjalan cukup cepat pada awalnya tapi seiring berjalannya waktu maka sering sekali kita menemukan smartphone Android yang berjalan lambat, smartphone flagship pun mengalami hal yang sama. Kali ini @GadgetApa mau memberikan 5 tips untuk menjaga smartphone Android anda tetap prima.

Hapus semua aplikasi yang tidak dibutuhkan/tidak digunakan

Kita semua pasti pernah mengunduh aplikasi yang kelihatannya menarik untuk dipakai tapi setelah beberapa saat kita tidak pernah pakai lagi. Aplikasi aplikasi semacam inilah yang menghambat smartphone Android anda. Bulatkan tekad dan niat, hapus aplikasi aplikasi yang tidak dibutuhkan karena kalau tidak aplikasi aplikasi ini akan mengumpulkan cache dan data yang bisa menghambat smartphone Android anda.

Hapus file yang tidak dibutuhkan

Setelah beberapa lama berfoto di sana, di sini dan di mana-mana pasti banyak file foto yang tertimbun di dalam memori, belum lagi segala macam screenshot yang kemudian dilupakan , belum lagi file yang diunduh baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Hapus juga video dan musik yang sudah tidak dibutuhkan lagi, file-file itu biasanya lumayan besar ukurannya. Jangan lupa hapus juga file-file yang terunduh dari whatsapp.

Bersihkan cache data

Cache data adalah data yang tersimpan dalam aplikasi agar ketika kita menggunakan aplikasi maka sistem bisa langsung mengenali data-data yang sudah tersimpan di dalamnya. Tapi terkadang cache data sering menumpuk dan menyebabkan bugs. Buka settings-device storage cari cache data kemudian hapus cache data tersebut.

Bersihkan SD Card

Bila (dan kebanyakan) smartphone Android anda memiliki memori eksternal maka disarankan untuk sesekali membersihkan micro SD cardnya, caranya cukup gampang, cukup cabut micro SD dari tablet/smartphone Android anda, colok ke komputer, backup data-data yang ada pada micro SD ke harddisk, masukkan kembali micro SD ke tablet/smartphone Android kemudian format micro SD nya.

Setelah itu pindahkan lagi data-data yang sudah dibackup dari komputer ke micro SD sambil dilihat file mana saja yang sudah tidak dibutuhkan lalu dihapus.

Factory Reset

Bila semua cara tersebut sudah dilakukan namun smartphone Android anda masih lambat maka mungkin ada baiknya anda melakukan factory reset. Ini senjata yang cukup ampuh untuk membuat smartphone Android anda cepat kembali.

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *